Penting! Lakukan Pemanasan Sebelum Fitness

Kurangnya pemahaman akan pentingnya pemanasan sebelum memulai fitness membuat kebanyakan orang melakukannya sekedar saja. Tanpa kita sadari sebenarnya pemanasan merupakan pemegang kunci agar kita bisa berolahraga dengan baik dan maksimal. pemanasan sebelum olahraga penting untuk dilakukan agar tubuh tidak kaget saat melakukan aktifitas fisik yang berat. bayangkan jika otot yang masih dalam kondisi dingin dan rileks, tiba-tiba digunakan untuk lari kencang.

Adapun pentingnya pemanasan sebelum memulai fitness adalah sebagai berikut:

1. Mencegah Resiko Cedera

Otot akan menjadi lebih lentur setelah menjalani pemanasan, sehingga lebih mudah melakukan gerakan olahraga ekstrem. Meregangkan otot ketika pemanasan dapat mengurangi resiko robeknya otot dan jaringan ketika fitness. Dengan pemanasan dapat mencegah resiko cedera, potensi otot kram, atau bahkan sobek. Otot sobek merupakan cedera serius yang butuh proses pemulihan yang cukup lama. Area tubuh yang masih tegang adalah yang paling rentan terhadap cedera.

2. Memperlancar Peredaran Darah

Kekurangan aliran oksigen bisa menghambat kinerjamu, serta dapat menyebabkan cedera serius dalam sendimu. Rasa sakit dan ketegangan bisa dirasakan ketika kamu mulai berolahraga, disebabkan beberapa area alam tubuhmu belum diberikan aliran darah beroksigen segar. Melakukan pemanasan juga dapat membuat aliran darah lebih lancar dan suplai oksigen dapat tersebar lebih baik ke seluruh tubuh, sehingga meningkatkan performa kamu dalam menjalani fitness.

3. Meningkatkan Energi dan Motivasi

Darah akan berakumulasi pada otot yang belum digunakan atau masih dingin. Pada saat merevitalitas sirkulasi otot, menyebabkan peningkatan level energi dari efek melakukan pemanasan. Darah juga akan mengalir ke otak (terutama ketika melakukan peregangan punggung dan tulang belakang). Sehingga tingkat konsentrasimu akan meningkat dan memberikan inspirasi untuk benar- benar memulai latihan. Secara keseluruhan ini akan meningkatkan kinerjamu untuk melakukan olahraga apapun.

4. Menjaga Tulang dan Persendian

Pemanasan sebelum melakukan olahraga membant meningkatkan cairan yang berguna untuk melumasi persendian. Sehingga membuat sendi-sendi menjadi lebih licin dan fleksibel dalam melakukan olahraga berat. Selain menjaga agar otot tidak kram, pemanasan juga menjaga tulang dan persendian dari resiko cedera. Jadi, kamu akan terhindar dari risiko korosi dan sendi terkunci selama latihan.

Please follow and like us:
error0
Tweet 20

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.